tugas Peng. Tek. Internet & New Media #


Teknologi  

Image result for teknologi

Sejarah dan perkembangan teknologi teknologi 
        
       Perkembangan teknologi adalah perubahan sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Selama beri-ribu tahun lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk- bepentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini.

1. Masa pra-Sejarah

Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.
2. Teknologi Jaman Kuno
Manusia sudah mengenal bagaimana membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap rumit. Contohnya Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari.
 3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern
Pada masa ini teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan, hal ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, seperti di bidang astronomi, medis, matematika, militer hingga ilmu kartografi. Contohnya busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.
 4. Teknologi era Revolusi Industri
Perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.

   Pengertian Teknologi

 Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.
  Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin.
  Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya.

Internet
Image result for internet
Sejarah dan perkembangan Internet
   Sejarah internet bermula pada akhir dekade 60-an tepatnya ditahun 1969 dimana ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau United States Departement of Defence melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana antara hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

  Pada awalnya ARPANET dibuat untuk keperluan militer saja dengan tujuan untuk menghancurkan nuklir dan mempercepat dalam pengiriman informasi. Pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan secara umum dan proyek ini berkembang diseluruh daerah Amerika Serikat, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

  ARPANET dibagi menjadi yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non militer seperti universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal DARPA yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

   Perkembangan internet semakin hari semakin canggih saja dengan ditunjang perlatan teknologi komunikasi yang semakin canggih pula. Dengan internet akan mempermudah seseorang untuk mengirimkan pesan tulisan, gambar, audio, file audio visual atau bentuk yang lainnya. Internet zaman sekarang sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat didunia. Namun perlu diingat, internet hanyalah dunia maya. Kita sebagai manusia harus tetap membina hubungan antar manusia didunia nyata. Gunakanlah internet sebijak mungkin, jauhkan sifat anti-sosial dalam diri kita yang hanya mengandalkan kecanggihan dari internet.


 Pengertian Internet
    Internet adalah sistem yang mencengangkan sekaligus sangat teknis, namun bagi kebanyakan orang, Internet adalah dunia yang bersahabat dengan mereka. Tak pelak, kita mungkin tidak pernah membayangkan kabel apalagi persamaan yang menyusun sistem ini. Internet juga merupakan tulang punggung yang memungkinkan keberadaan World Wide Web yang kita kenal dan cintai: dengan sambungan Internet, kita dapat mengakses dunia laman dan aplikasi web yang saling tertaut nan terbuka dan terus tumbuh.

   Internet, singkatnya TCP/IP. Inilah asal-muasal serangkaian aturan yang memungkinkan komputer “berbicara” dengan komputer lain dan mengirimkan data bolak-balik.

    TCP/IP sedikit mirip dengan komunikasi manusia: saat kita berbicara satu sama lain, aturan tata bahasa menetapkan struktur bahasa dan memastikan bahwa kita dapat saling memahami dan bertukar gagasan. Serupa dengan itu, TCP/IP menetapkan aturan komunikasi yang memastikan perangkat yang terhubung memahami satu sama lain sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling bertukar informasi. Seiring dengan berkembangnya sekumpulan perangkat yang saling terhubung dari sekedar satu ruangan menjadi beberapa ruangan — dan kemudian menjadi beberapa gedung, lalu beberapa kota, bahkan negara — Internet pun lahir.
    Ada beberapa tokoh dan ilmuwan yang pernah mengungkapkan pendapatnya tentang apa itu internet.

1. Onno W. Purbo

Nama pertama yang mendefinisikan internet adalah Purbo (dalam Prihatna, 2005), ia menjelaskan bahwa Internet itu adalah sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail

2. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Pengertian internet berikutnya yang juga cukup bisa memberi gambaran pada kita mengenai internet muncul dari nama Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003). Bagi mereka Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung.

3. Allan (2005)

Allan juga pernah mendefinisikan mengenai apa itu internet. Menurut dia bisa didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan untuk membaca berbagai protokol komunikasi tertentu seperti Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

4. Randall & Latulipe

Randall & Latulipe juga memberikan gambaran tentang apa itu internet. Bagianya internet adalah suatu jaringan global yang terdapat dalam komputer. Jadi, internet sama seperti sebuah jaringan global yang mencakup beberapa jaringan komputer.

5. Kayo, Mori, dan Takano (1996)

Kayo, Mori, dan Takano (1996) juga ikut memberikan definisi mengenai internet. Bagi mereka internet punya tiga keistimewaan, pertama kebebasan internet, kedua lebih dinamik Ketiga, internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif.

6. Supriyanto (2006)

Berikutnya ada nama Supriyanto (2006), ia mengatakan bahwa internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer lewat jaringan dunia dengan memanfaatkan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit menggunakan protokol standar, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)

7. O’Brien (2003)

Pengertian internet menurut ahli terakhir datang dari O’Brien. Baginya internet bisa diantikan sebagai sebuah jaringan komputer yang akan terus berkembang pesat dari masa ke masa untuk berbagai macam kepentingan. Mulai dari bisnis, pendidikan, hingga ke pemerintahan yang dapat saling berhubungan.
Dari berbagai pengertian internet menurut para ahli di atas, kita dapat simpulkan bahwa pada intinya, internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan banyak perangkat teknologi di dunia.

Keterhubungan internet dengan teknologi
  Sangat mungkin terjadinya IOT atau Internet of Things , karena di era teknologi yang semakin canggih saat ini, manusia hampir tidak bisa terlepas dari internet. Banyak hal yang dapat dilakukan melalui jaringan internet, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi, hingga berbelanja.Internet memungkinkan manusia dapat mengakses semuanya hanya dengan segenggam ponsel dan gerakan jari saja.
Secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet, tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Pengaplikasian IOT
  • Traffic lamp
      Banyak yang sudah tahu bahwa setiap lampu merah di jalan raya memiliki cctv terkoneksi secara real-time ke sebuah data center. Tapi bayangkan jika data hasil rekaman cctv bisa diolah secara otomatis oleh sebuah server yang mampu memprediksi traffic di jalan raya termasuk membuat pengalihan jalan otomatis jika terjadi sesuatu, dan memiliki sistem cepat tanggap apabila ada kecelakaan atau tindak kejahatan yang terjadi. Hal tersebut memudahkan pihak-pihak terkait agar lebih mudah untuk menjangkaunya.

  • School System
      Sudah banyak sekali sekolah sekolah yang menerapkan e-learning untuk siswanya. Namun untuk era digital seperti ini hal tersebut tidak akan cukup untuk meningkatkan produktifitas siswa dan guru nya. Coba bayangkan, penjadwalan otomatis mata pelajaran disekolah, sistem akademik yang terkoneksi ke jaringan sehingga laporan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rumah dengan mobile device.

  • Health System
       Di bidang kesehatan, IoT mampu untuk menghubungkan dokter dan pasien untuk berkonsultasi dari jarak yang jauh. Disisi lain, sudah banyak wearable device seperti smart watch yang mampu mebaca detak jantung si pengguna sepanjang aktivitas si pengguna tersebut. Bahkan jam pintar tersebut bisa melaporkan rekam medis seperti detak jantung dan kadar gula ke sebuah data center

Dampak Positive dan Negative

Dampak Positif

a) Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

b) Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

c) Media untuk mencari informasi atau data perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

Dampak Negatif

a) Pornografi anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.

b) Penipuan hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.

c) Bisa membuat seseorang kecanduan terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.






referensi internet :
https://salamadian.com/perkembangan-pengertian-teknologi/
http://kickarie.blogspot.com/2016/08/sejarah-internet-dan-pengertian-internet.html
https://www.jurnalponsel.com/pengertian-internet/

referensi ebook : judul buku :
20 Things I Learned About Browsers and the Web 

Komentar

Postingan Populer