ANALISIS PT SIDOMUNCUL
SIDOMUNCUL
PROFIL.
PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada
tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh
tiga orang karyawan. Banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih
praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk),
seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan
perusahan sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang
terwujud" dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama
dan andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat
tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat.
Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten
Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar
akibat permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik
dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang.
Guna mengakomodir demand pasar yang terus bertambah, maka
pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern, demikian pula jumlah
karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya
mencapai lebih dari 2000 orang ).
Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang, dirasa perlu
untuk membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern, maka di tahun 1997
diadakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran oleh
Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10 dan disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan
Obat dan Makanan saat itu, Drs. Wisnu Kaltim.
Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran,
dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan
Sosial Republik Indonesia, dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000.
Saat peresmian pabrik, SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara
Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik
(CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT.
SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik
sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5
hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.
Sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1951,
SidoMuncul yang kini merupakan perusahaan herbal bertaraf modern senantiasa
berupaya untuk memberikan produk-produk yang baik dan menyehatkan bagi seluruh
konsumennya, dan dengan demikian memberikan nilai positif bagi masyarakat.
Tak hanya mengandalkan bahan-bahan alamiah yang berkualitas
tinggi dan segar, SidoMuncul juga sangatlah mementingkan basis penelitian, ilmu
pengetahuan, dan teknologi dalam menjalankan proses-proses produksi dari setiap
produk yang akan dijual, serta juga dalam bergerak maju untuk mengembangkan
usahanya. SidoMuncul terus berkarya untuk menciptakan inovasi berupa
temuan-temuan baru yang berkhasiat tinggi bagi seluruh kalangan masyarakat.
Oleh karena itu, SidoMuncul telah memperlengkapi pabriknya di
Semarang, Jawa Tengah dengan berbagai fasilitas pendukung yang memenuhi standar
farmasi. Beberapa fasilitas tersebut antara lain laboratorium yang
bersertifikasi ISO 17025, fasilitas produksi berstandardisasi CPOB (Cara
Pengolahan Obat yang Baik) dan CPOTB (Cara Pengolahan Obat Tradisional yang
Baik), pengolahan air demineralisasi dan limbah, klinik holistik, dan lahan
agrowisata.
SidoMuncul kini mengoperasikan delapan laboratorium yang
menggunakan instrumen serta teknologi yang canggih untuk menciptakan
produk-produk yang berkualitas tertinggi dan berkhasiat pasti. Kedelapan
laboratorium tersebut masing-masing adalah laboratorium Instrumentasi,
Mikrobiologi, Farmakologi, Formulasi, Farmakognosi, Stabilitas, Kultur
Jaringan, dan Analisis Kimia (yang telah memperoleh sertifikat ISO 17025 sesuai
akreditasi Komite Akreditasi Nasional dan Badan Standardisasi Nasional).
Sertifikat CPOB
Sertifikat Akreditasi
Laboratorium ISO
Visi, misi dan Tujuan
Visi :
Menjadi
industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.
Misi :
a) Meningkatkan mutu pelayanan di bidang
herbal tradisional.
b) Mengembangkan research/penelitian
yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
c) Meningkatkan kesadaran masyarakat
akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian
bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.
d) Ikut mendorong pemerintah/instansi
resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.
Tujuan :
Meningkatkan
profit untuk mengembangkan perusahaan dan untuk mencapai visi misi perusahaan.
Konten.
Ini adalah gambar tampilan web pt sidomuncul
disini ada menu company profilenya yg isinya data dari data
di samping
fitur fitur
yang ada pad awebsite sido muncul yaitu dari company profilenya ada fitur about
us, r&d, product, out busines dan sbg yang ada pada gambar diatas.
About us
Berisi
informasi informasi dengan pt sido muncul tersebut
Product
Berisi semua
product yang di jual oleh pt tersebut
INVESTOR
investor adalah orang perorangan atau lembaga baik
domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan
jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.
MEDIA
Pada menu media hanya berisi
tentang aktifitas seperti baktisosial yang di selenggarakan oleh pt sido muncul
Pada fitur
kali ini yaitu fitur store yang dimana pada menu ini hanya berisi info-info apa
saja product yang di jual oleh pt sidomuncul.
Dan ini
adalah salah satu product yang di jual dan beserta harga yang mereka jual di
setiap product
Pada fitur
artikel berisi artikel artikel pengetahuan tentang kesehatan yang berupa tips
dan trik bagaimana cara hidup sehat dll.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WEB TSB
KELEBIHAN
Kelebihannya
yaitu pada web tersebut kita dapat melihat apa saja product product yang di
jual di web tersebut dan kita juga bisa tau berapa harga di setiap product dari
pt sidomuncul. Dan pada web tersebut terdapat artikel artikel yang berisi berbagai
macam pengetahuan tentangg kesehatan
KEKURANGAN
Kekurangan
web tersebut adalah web tersebut tidak secure yang dimana pada web
tersebut kita masih bisa mencopy kata demi kata pada web tersebut. Dan juga
kita bebas men screenshot web tersebut
Pada
similarweb dapat di simpulkan page rank sidomuncul pada gambar di atas yang
dimana pada rating dunia memiliki rating 2,895,098 dan rank pada negara asalnya
mendapatkan rating 70,051 dan rating pada kategori rank mendapat 19,316
Total web
tersebut lebih banyak dikunjungi lewat pencarian yaitu 71,04%
Dari gambar
di atas yaitu website yang tercantum pada website pt sidomuncul
Sampai disini saja analisis dari pt sidomuncul jika
banyak kekurangan mohon di maafkan dan terimakasih
Referensi :
http://mjriyanto.blogspot.com/2015/10/kekurangan-dan-kelebihan-pt-sidomuncul.html
Komentar
Posting Komentar