Konsep Permodelan Grafis untuk Games
PENGERTIAN
DESAIN
Desain adalah suatu sistem yang
berlaku untuk segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan
dengan melihat segala sesuatu persoalan tidak secara terpisah atau tersendiri,
namun sebagai suatu kesatuan dimana satu masalah dengan lainnya saling terkait.
Disisi lain, desain juga diartikan sebagai perencanaan dalam pembuatan sebuah
objek, sistem, komponen atau struktur.
Secara umum, definisi desain
adalah bentuk rumusan dari proses pemikiran pertimbangan dan perhitungan dari
desainer yang dituangkan dalam wujud gambar.
PEMODELAN
GRAFIK
Model adalah rencana,
representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep,
yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa
model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis. Maka pemodelan adalah tahap dimana akan
dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi
nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D.
Proses pemodelan ini memerlukan
perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan
obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa
yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek.
1. Definisi Game
Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar permainan. Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada pihak yang menang dan ada pihak yang kalah, biasanya game dilakukan dengan tidak serius atau dengan tujuan menghibur.
Pengertian Animasi
Animasi adalah suatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalan jangka waktu tertentu dan bisa juga dikatakan berupa perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lainnya dalam jangka waktu tertentu (Bustaman, 2001:32-33).
Pengertian lain tentang animasi adalah pembuatan gambar atau isi yang berbeda-beda pada setiap frame, kemudian dijalankan rangkain frame tersebut menjadi sebuah motion atau gerakan sehingga terlihat seperti sebuah film (Zeembry, 2001:43 ).
Sedangkan menurut Andreas Andi Suciadi (2003:9), animasi adalah sebuah objek atau beberapa objek yang tampil bergerak melintasi stage atau berubah bentuk, berubah ukuran, berubah warna, berubah putaran, berubah properti-properti lainya.
Secara garis besar animasi adalah suatu tampilan menarik, grafis statis maupun dinamis, yang disebabkan oleh perubahan tiap frame (frame by frame), perubahan posisi bergerak (motion tween) maupun perubahan bentuk diikuti pergerakan (motion shape).
Pengertian lain tentang animasi adalah pembuatan gambar atau isi yang berbeda-beda pada setiap frame, kemudian dijalankan rangkain frame tersebut menjadi sebuah motion atau gerakan sehingga terlihat seperti sebuah film (Zeembry, 2001:43 ).
Sedangkan menurut Andreas Andi Suciadi (2003:9), animasi adalah sebuah objek atau beberapa objek yang tampil bergerak melintasi stage atau berubah bentuk, berubah ukuran, berubah warna, berubah putaran, berubah properti-properti lainya.
Secara garis besar animasi adalah suatu tampilan menarik, grafis statis maupun dinamis, yang disebabkan oleh perubahan tiap frame (frame by frame), perubahan posisi bergerak (motion tween) maupun perubahan bentuk diikuti pergerakan (motion shape).
Virtual Reality
Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
Hubungan antara VR , Animasi dan Game
Pembuatan desain grafis pada game
Seiring perkembangan dunia game dan teknologi grafis, maka berkembang teruslah model-model yang terus diperkenalkan pada dunia game ini. Mulai dari game Dua Dimensi (2D) hingga game Tiga Dimensi (3D), bahkan ada beberapa game yang sudah memakai teknologi Augmented Reality atau Virtual Reality. Hal ini sedikit banyaknya mempengaruhi seluruh pembuatan game dari perusahaan-perusahaan pembuat game. Bahkan dari vendor-vendor penyedia kartu grafis guna memfasilitasi dan mendukung agar game-game yang keren seperti 3D dapat dan mampu berjalan pada komputer.
2. Menggambar Karakter (Kostum, Mimik & Gerak).
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Pembuatan karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dll kita dapat membuatnya dengan software Blender. Blender itu sendiri kita dapat membuat suatu karakter yang seperti kita inginkan, dalam pembentukan gerak tubuh kita hanya perlu proses rigging di setiap sisi tubuh karakter agar bisa bergerak aktif. Rigging proses ini adalah proses pembuatan tulang pada object.
Pembuatan karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dll kita dapat membuatnya dengan software Blender. Blender itu sendiri kita dapat membuat suatu karakter yang seperti kita inginkan, dalam pembentukan gerak tubuh kita hanya perlu proses rigging di setiap sisi tubuh karakter agar bisa bergerak aktif. Rigging proses ini adalah proses pembuatan tulang pada object.
contoh game final fantasy 3
3. Menggambar Anatomi Karakter.
Dalam menggambar sebuah karakter animasi, karakter yang kita
buat tidak selamanya diam. Karakter dalam game setiap detiknya atau saat kita
menggerakannya pasti pose/kondisi dari karakter tersebut juga bergerak dan
berbeda-beda. Misalnya dalam kondisi perang, anatomi karakter tersebut terbagi
dalam bagian-bagian, misalnya kepala dan mimik wajah menghadap musuh, tangan
memegang pedang dan kaki terbuka seakan siap bertarung. Dalam memvisualisasikan
anatomi setiap bagian tubuh dari karakter itu bisa dibuat dalam berbagai
aplikasi, baik dalam model 2D maupun 3D.
Tentunya dalam memvisualisasikan karakter animasi dengan
anatomi dan kondisi yang sesuai, kita harus bisa dalam menggambarnya. Video
dibawah ini merupakan lanjutan dari video selanjutnya yaitu tips/tutorial bagi
kalian untuk menggambar pose anatomi.
4. Menggabungkan karakter dan environment beserta animasi.
Setelah kita membuat karakter animasi bergerak dengan pose
anatomi yang sesuai dan dilengkapi dengan environment yang sesuai pula, kita
bisa namakan itu sebuah game. Misalnya terdapat karakter samurai yang menggunakan sebuah pedang, tentunya environment/lingkungan game yang tepat adalah berada
disebuah desa samurai, dengan perajurit samurai, pada saat samurai tersebut di hunuskan ke badan dan mengeluarkan darah, visual darah tersebutlah yang membuat game tersebut seperti nyata .
Daftar Pustaka
Belajar Visualisasi Data dengan Grafis dan Infografis
Belajar Visualisasi Data dengan Grafis dan Infografis
di Release pada tgl : 21 May 2018.
Magic Of Blender 3D Modeling
di akses pada tgl : 20 januari 2020
https://www.ranggahamdan.com/2017/01/08/pemodelan-grafis-untuk-game/
diakses pada tanggal 20
di akses pada tanggal 20 Januari 2020
Komentar
Posting Komentar